Mata Kuliah pada Jurusan PBA FITK UIN SU

Mampu membuat dan/atau memanfaatkan media yang memicu perkembangan kemahairan Bahasa Arab bagi peserta didik.

  • Mampu menerapkan kurikulum bahasa Arab di tingkat; MI, MTs, MA dan SD, SMP, SMA, SMK.
  • Mampu melakukan asesmen pembelajaran pada Bahasa Arab.
  • Mampu mengintegrasi ilmu, agama, dan keindonesiaan dalam proses pembelajaran Bahasa Arab.
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam pengembangan alat permainan edukatif pada pembelajaran bahasa Arab.
  • Mampu beradaptasi  dan berpikir fleksibel dalam menghadapi perubahan IPTEK.

Deskripsi yang berkaitan dengan Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural. Berdasarkan kemampuan tersebut, dapat dinyatakan dalam pernyataan Deskripsi Spesifik  sebagai berikut :

  1. Menguasai konsep-konsep dasar pendidikan Bahasa Arab dengan dukungan ilmu, psikologi, sosiologi, konseling, manajemen, neurosains, dan seni budaya sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik;
  2. Menguasai konsep-konsep dasar ilmu umum dan Keislaman yang terkait sebagai landasan dalam menganalisis dan menerapkan layanan pendidikan bagi peserta didik;
  3. Menguasai konsep pendidikan Bahasa Arab berkebutuhan khusus
  4. Menguasai aspek perkembangan Bahasa Arab yang meliputi : aspek kognitif, kreativitas, bahasa, sosial emosional, moral keislaman, fisik, dan seni.

Deskripsi yang berkaitan dengan kemampuan mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi. Berdasarkan kemampuan tersebut, dapat dinyatakan dalam pernyataan Deskripsi Spesifik  sebagai berikut :

     2. Mampu menentukan skala prioritas model pendidikan Bahasa Arab.

 

 

  • Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

Berdasarkan keputusan presiden No 8 tahun 2012 tentang KKNI dinyatakan bahwa silabus atau rencana perkuliahaan disebut dengan RPS. Untuk mencapai pembelajaran yang telah dirumuskan dapat dilakukan dengan upaya mempedomani RPS sebagailangkah mempermudah pelaksanaan pembelajaran dan pencapaian tujuan.

  • Distribusi Mata Kuliah dan Silabus berbasis KKNI terlampir.