Sasaran dan Strategi Pencapaian Tujuan Prodi PBA FITK UIN-SU Medan

Sasaran

Sasaran Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan adalah sebagai berikut :

1. Sasaran dari Tujuan Pertama :

  1. Lulusan menguasai keilmuan yang terintegritas pada nilai-nilai keislaman melalui kurikulum pembelajaran berbasis Transdisipliner.
  2. Lulusan memiliki kepribadian yang luhur dan berkarakter islami secara individual dan sosial.

2. Sasaran dari Tujuan Kedua :

  1. Lulusan menguasai keilmuan Pendidikan Bahasa Arab yang mencakup mata kuliah Keterampilan Bahasa Arab, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Metodologi Pendidikan Bahasa Arab, Metodologi Penelitian Bahasa Arab dengan nilai A 90% dan IPK minimal 3,25.
  2. Lulusan memiliki kemampuan mengajar Bahasa Arab sesuai dengan profesionalisme Guru di setiap tingkatnya.
  3. Lulusan memiliki integritas kepribadian dan moralitas yang islami dalam konteks kehidupan individual maupun sosial.
  4. Lulusan memiliki beberapa Keahlian Softskill  islami yang berguna untuk kehidupan sosial.

3. Sasaran dari Tujuan Ketiga :

  1. Lulusan berperan aktif dan konsisten untuk menciptakan suasana akademik yang kodusif dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab.
  2. Lulusan  mampu berinteraksi dengan semua pihak di kampus dan di luar dengan menggunakan bahasa Arab.
  3. Lulusan mampu menciptakan lingkungan yang baik di masyarakat dan membelajarkan masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam.
  4. Dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dalam bentuk pendampingan kepada masyarakat dalam pengajaran bahasa Arab dan pengembangan pengajaran bahasa Arab.

4. Sasaran dari Tujuan Keempat :

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menjadi Program Studi Unggul dalam bidang Bahasa Arab yang mencakup keahlian Lulusan dan dosen dalam pembelajaran bahasa arab secara individual dan sosial.
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab secara konsisten dan berkesinambungan menggunakan bahasa Arab dalam proses perkuliahan.
  3. Kualitas dan kualifikasi lulusan Program Studi dapat menyahuti aspirasi dan tuntutan stakeholder baik di tingkat regional maupun nasional.

5. Sasaran dari Tujuan Kelima :

  1. Lulusan memiliki kemampuan membelajarkan Bahasa Arab dengan pendekatan transdisipliner.
  2. Lulusan mampu Menumbuhkembangkan sikap keterbukaan terhadap perubahan dan pembaharuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang  Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Lulusan Melakukan berbagai kreativitas dan inovasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab untuk menciptakan keunggulan dan mewujudkan kehidupan yang lebih berkualitas.
  4. Lulusan Mampu memecahkan persoalan masyarakat dengan pendekatan transdisipliner berbasis pada nilai-nilai Islam.

6. Sasaran dari Tujuan Keenam :

  1. Dosen dan Lulusan Menghasilkan penelitian atau karya ilmiah di bidang bahasa Arab dan pendidikan bahasa Arab yang dapat menjadi rujukan di tingkat regional dan nasional.
  2. Dosen dan Lulusan Memproduksi dan mempublikasikan karya-karya ilmiah dalam bidang pengembangan bahasa Arab dan pendidik bahasa Arab di tingkat nasional secara berkesinambungan.

7. Sasaran dari Tujuan Ketujuh :

  1. Mampu mengumpulkan, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi dengan cepat dan jangkauan yang luas dalam bidang pengembangan bahasa Arab.
  2. Menempatkan informasi dan pengetahuan sebagai aset yang paling berharga berbagai keperluan hidupnya.
  3. Program Studi memiliki Kerjasama Nasional dan Internasional dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab lain pada tahun 2025.

 

Strategi

Guna mencapai sasaran di atas, upaya pencapaian visi diwujudkan dalam bentuk :

  1. Strategi Tahun 2016-2018
  1. Bidang Pendidikan meliputi :
  1. Dosen, mahasiswa, pengguna, alumni, dan stakeholder dilibatkan dalam menyusun, mengembangkan dan mengevaluasi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
  2. Silabus dan RPS mata kuliah disempurnakan sesuai perkembangan ilmu Pendidikan Bahasa Arab.
  3. Perkuliahan dilaksanakan dengan disiplin yang ketat beradasarkan sistem kredit semester (SKS).
  4. Umpan balik terkait kurikulum diminta dari lulusan dan pengguna.
  5. Disiplin mahasiswa ditingkatkan melalui proses monitoring program studi yang dilakukan secara kontiniu.
  6. Dosen Program Studi diberikan kesempatan melanjutkan studi ke jenjang Doktoral (S3) sesuai dengan bidang studi yang dibutuhkan.
  7. Mendorong para dosen bergabung dengan asosiasi-asosiasi keilmuan untuk menjalin jaringan keilmuan seperti IMLA dan lain-lain.
  8. Forum diskusi dan kajian dalam bidang Bahasa Arab dikembangkan.
  9. Berupaya meningkatkan akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab pada  tahun 2018.

       b. Bidang Penelitian meliputi :

  1. Mengupayakan ketersediaan anggaran penelitian bagi setiap dosen dengan mengacu kepada rencana induk penelitian UIN-Sumatera Utara Medan.
  2. Hasil penelitan dosen diterbitkan dan dipersentasikan di LP2M UIN Sumatera Utara Medan.
  3. Kegiatan penelitian direncanakan bagi setiap dosen setiap tahun. 

c. Bidang Pengabdian Masyarakat meliputi :

  1. Para dosen didorong berpartisipasi aktif di tengah masyarakat di lingkungannya.
  2. Mahasiswa didorong aktif dan berpartisipasi aktif dalam organisasi kemasyarakatan di lingkungannya.
  3. Anggaran pengabdian kepada masyarakat disiapkan dengan mengacu kepada rencana induk pengabdian masyarakat UIN Sumatera Utara Medan.
  4. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan berkesinambungan oleh para dosen.

 

  • Bidang Pendidikan, meliputi :
  1. Dosen tetap Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan didorong melanjutkan studi ke jenjang Strata 3 (S3) dan melakukan rekrutmen demi memenuhi tuntutan perkembangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.
  2. Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan akan diperbaharui pada tahun 2019 mengacu kepada umpan balik dari dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder.
  3. Gugus Kendali Mutu di Program Studi, Unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat Fakultas, Lembaga Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat universitas dilibatkan dan mengevaluasi Silabus Pembelajaran  pada setiap mata kuliah.

       b. Bidang Penelitian meliputi :

  1. Mendorong para dosen berperan dalam penelitian yang disponsori oleh pemerintah di tingkat regional, nasional dan internasional.
  2. Merencanakan dan menetapkan agenda penelitian bagi para dosen pada setiap tahunnya.
  3. Anggaran penelitian ditambah mengacu pada rencana induk penelitian UIN Sumatera Utara Medan.
  4. Karya ilmiah hasil penelitian dipublish dan diurus untuk mendapatkan hak kekayaan intelektual.
  5. Hasil penelitian dosen dipublihs dalam bentuk prosiding dan seminar.

       c. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat meliputi :

  1. Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa ditingkatkan secara bertahap.
  2. Para dosen didorong aktif dalam kegiatan pemerintahan dan organisasi kemasyarakatan.
  3. Anggaran pengabdian masyarakat ditingkatkan mengacu kepada rencana induk pengabdian masyarakat UIN Sumatera Utara.
  4. Mendorong masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh para dosen atau Program Studi.
  5. Mengupayakan peningkatan peran aktif mahasiswa dalam organisasi kemasyarakatan.

 

3. Strategi Tahun 2022-2025

  1. Bidang Pendidikan, meliputi :
  1. Kurikulum program studi Pendidikan Bahasa Arab dievaluasi sekali dalam lima tahun mengacu pada umpan balik dari Dosen, lulusan dan pengguna.
  2. Menjalin kerjasama dengan Program Studi lain dengan melakukan pertukaran dosen.
  3. Metode pembelajaran diperbaharui sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

       b. Bidang Penelitian meliputi :

  1. Penelitian Dosen dan mahasiswa masuk dalam jurnal lokal, nasional dan internasional.
  2. Dosen-dosen yang aktif dalam penelitian di berbagai tingkatan akan diberikan penghargaan.
  3. Memiliki jurnal terakreditasi nasional pada tahun 2023, dan terakreditasi internasional pada tahun 2025.

       c. Bidang Pengabdian kepada Masyarakat meliputi :

  1. Mahasiswa setiap semester diwajibkan melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan didampingi oleh dosen pembimbing.
  2. Para dosen diharuskan berperan aktif dalam organisasi kemasyarakatan.
  3. Para dosen Program Studi mampu menjadi acuan bagi para pihak dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.