Karya Ilmiah

PELAKSANAAN MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING

DI MAN 1 MEDAN

 

 Nur Hidayati

nur.hidayati22662@gmail.com

 

Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematang Siantar

Jl. Sangnawaluh Km. 4,5 P. Siantar

 

 

Latar Belakang Masalah

Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan pada awal berdirinya merupakan Madrasah pesiapan Institut Agama Islam Negeri yang disingkat SPIAIN ini berdiri pada tanggal 1 Pebruari 1968,bertempat di gedung Sekolah hakim Jaksa Negeri di Jalan Imam Bonjol,selanjutnya SPIAIN ini pindah ke kedung Yayasan Pendidikan Harapan dengan peserta didik berjumlah 19 orang.Direktur SPIAIN yang pertama adalah Drs.H.Mukhtar Ghaffar yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Panitia Nomor : 08/SP-IAIN/1968, tertanggal 27 Maret 1968.

Terhitung tanggal 1 April 1979, Pemerintah merubah seluruh SPIAIN,PHIAIN,SGHA,PPPUA dan yang lainnya menjadi Madrasah Aliyah Negeri,SPIAIN Sumatera Utara juga berubah menjadi MAN dengan gedung tetapnya  ada dikomplek IAIN Sumut di jalan  Sutomo Ujung Medan.Pada tahun 1980 dan 1981 telah dibangun gedung MAN Medan dijalan Willem Iskandar. Selanjutnya MANMedan pindah ke lokasi baru.

Pada tahun  1984, Bapak Drs.H.Mukhtar Ghaffar diangkat menjadi Pengawas Pendidikan Agama Kanwil Depag Provinsi Sumatera Utara. Sebagai penggantinya adalah Bapak Drs. H. Nurdin Nasution. Selanjutnya terjadi pergantian kepemimpinan di MAN Medan seperti diuraikan berikut:

  1. Pada masa kepemimpinan Bapak Drs.H.Musa HD terjadilah  perubahan MAN Medan menjadi MAN-1 Medan.
  2. Terjadi perubahan tuntutan kebutuhan terhadap kualitas guru mata pelajaran Pendidkan Agama Islam dengan masyarakat lulusan Diploma II, maka PGAN 6 tahun dilikuidasi oleh Pemerintah menjadi MAN pada tahun 1989, maka sejak itulah MAN Medan berubah menjadi MAN-1 Medan.

Sampai saat sekarang ini MAN 1 Medan masih terus mengembangkan diri, berada di jalan Willem Iskandar No.7 B Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung.

Perjalanan panjang  yang telah dilalui MAN 1 Medan dari awal  berdirinya hingga sekarang,  membuat  MAN 1 Medan benar-benar mampu menjadi Madrasah yang maju, sesuai dengan usia  dan pengalaman yang telah dilaluinya sehingga mampu melahirkan siswa yang handal dan berbakat bagi masyarakat dan bangsa Indonesia serta menjadi orang-orang yang memiliki peran penting, sukses dan berguna bagi masyarakat, negara,bangsadan Agama. Semua  kesuksesan tersebut  tidak lepas  dari hasil jerih payah segenap guru-guru  MAN 1 Medan yang dengan keikhlasan memberikan ilmunya dan mendidik para siswanya sampai sekarang.

 

RUMUSAN MASALAH

  1. Bagaimana Manajemen BK di MAN I Medan?
  2. Bagaimana Pelaksanaan Manajemen BK di MAN I Medan?

 

TUJUAN

  1. Mengetahui Bagaimana Manajemen BK di MAN I Medan.
  2. Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan BK di MAN I Medan.

 

KAJIAN TEORI

Pengertian Bimbingan dan Konseling

Prayitno merangkum keseluruhan isi yang terdapat dalam semua rumusan tentang bimbingan sebagai berikut:[1]

  1. Pelayanan bimbingan merupakan suatu proses.
  2. Bimbingan merupakan proses pemberian bantuan.
  3. Bantuan diberikan kepada individu, baik perorangan maupun kelompok.
  4. Pemecahan masalah dalam bimbingan dilakukan oleh dan atas kekuatan klien sendiri.
  5. Bimbingan dilaksanakan dengan menggunakan berbagai bahan, interaksi, nasihat, maupun gagasan, serta alat-alat tertentu, baik yang berasal dari klien, konselor maupun lingkungan.
  6. Bimbingan tidak hanya diberikan untuk kelompok-kelompok umur tertentu saja, melainkan meliputi semua usia, oleh karenanya dapat diberikan pada semua lingkungan kehidupan.
  7. Bimbingan diberikan oleh orang-orang yang ahli, yaitu orang-orang yang memiliki kepribadian terpilih dan telah memperoleh pendidikan yang memadai dalam bidang bimbingan dan konseling.
  8. Pembimbing tidak selayaknya memaksakan keinginan-keinginannya pada klien, karena klien memiliki hak dan kewajiban untuk menentukan arah dan jalan hidupnya sendiri.
  9. Bimbingan dilaksanakan sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Norma tersebut berupa aturan, nilai, ketentuan yang berasal dari agama, adat, hukum, ilmu, kebiasaan yang diberlakukan dan berlaku di masyarakat.

Pengertian Konseling

Secara etimologis, istilah konseling berasal dari bahasa latin, yaitu ‘consilium’ yang berarti ‘dengan’ atau ‘bersama’ yang dirangkai dengan ‘menerima’ atau ‘memahami’. Sedangkan dalam bahasa Anglo-Saxon, istilah konseling berasal dari ‘sellan’ yang berarti ‘menyerahkan’ atau ‘menyampaikan’. Maka dapat dipahami bahwa konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli yakni konselor kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah (klien) yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi oleh klien.[2]

 

Konseling Dalam Perspektif Alquran

Alquran banyak mengandung ayat-ayat yang memaparkan karakter manusia dan kondisi kejiwaannya. Juga menjelaskan sebab-sebab penyimpangan dan penyakit jiwa sekaligus menawarkan metode pendidikan dan terapinya. Ayat-ayat Alquran tentang jiwa itu tak ubahnya bagaikan rambu-rambu yang dapat memberi petunjuk kepada manusia untuk memahami jiwa dengan berbagai karakternya dan mengarahkannya pada jalan yang benar dalam mendidik dan memperbaikinya, melalui penjelasan Alquran tentang karakter manusia. 

   Sebagian dari fungsi Alquran adalah agar kita mendapat kepastian dan agar kita dapat menghimpun pengetahuan rasional dalam rangka persiapan berpikir untuk mencapai tujuan yang didambakan. Mencari petunjuk Alquran dalam pelaksanaan konseling ataupun problem solving sangatlah tepat. Berkenaan dengan dimensi spiritual dalam konseling Islami, Allah swt ditempatkan pada posisi Konselor Yang Maha Agung, satu-satunya tempat manusia menyerahkan diri dan permasalahannya sebagai sumber penyelesaian masalah.[3]

   Dalam Islam, dasar-dasar konseptualisasi bimbingan dan konseling adalah pengembangan konsep tauhid, fitrah, nafs, nasihat, tazkiyah dan tazkir. Hakikat dari istilah-istilah ini dirumuskan dan dijadikan dasar pengembangan konsep bimbingan dan konseling dalam Islam.

   Istilah bimbingan yang paling umum dalam Alquran adalah nasihat, atau pemberian peringatan atau tazkir. Kedua istilah ini banyak diungkapkan dalam Alquran sebagai bagian dari ajaran Islam dan perintah Allah untuk umat manusia. Contoh istilah nasihat yang dijelaskan dalam Q.S. al-Ashr: 1-4

  1. Demi masa.
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Makna menasehati atas kebenaran adalah berusaha mewujudkan semua bentuk ketaatan dan meninggalkan semua yang diharamkan. Sedangkan menasihati dalam kesabaran bermakna bersabar atas setiap ujian, takdir serta  gangguan yang ditimpakan kepada orang-orang yang menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar.[4]

Sasaran bimbingan dan konseling adalah jiwa manusia, khususnya anak dengan tugas perkembangan yang dilaluinya. Oleh karenanya, proses konseling Islam mengarahkan perkembangan jiwa anak agar menjadi jiwa yang tenang, tidak mudah galau, gelisah, labil atau sikap lainnya yang dapat mengganggu ketenangan dan ketentramannya.

Tujuan bimbingan dan konseling dalam Islam adalah mewujudkan pribadi yang Islami dengan terpenuhinya karakteristik kepribadian paripurna, baik cara maupun perkembangannya yang memenuhi karakteristik jiwa yang suci atas norma-norma Islam secara individu sebagai tugas fitrah dan nafsu muthmainnah melalui latihan zikir, tazkirah atau nasihat-nasihat berlandaskan Islam.[5]

 

Manajemen Bimbingan dan Konseling

Istilah manajemen dipahami sebagai proses pengelolaan. Manajemen pendidikan adalah manajemen yang diterapkan dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan. Dimaknai sebagai pengelolaan terhadap semua kebutuhan institusional dalam pendidikan dengan cara yang efektif dan efisien. Dapat juga dipahami sebagai keseluruhan proses penyelenggaraan dalam usaha kerja sama dua orang atau lebih dan atau usaha bersama untuk mendayagunakan semua sumber (personal maupun material) secara efektif, efisien dan rasional untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan.[6]

Manajemen pendidikan menyediakan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sekolah sedangkan kepemimpinan memudahkan personil sekolah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan strategi sehingga tugas pokok dan fungsi terlaksana secara maksimal, efektif, efisien dan berkualitas.[7]

Dalam perspektif yang lebih luas, manajemen adalah suatu proses pengaturan dan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki organisasi melalui kerjasama para anggota untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Manajemen merupakan perilaku anggota dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuannya. Sejumlah unsur pokok yang membentuk kegiatan manajemen adalah:  unsur manusia (men), barang-barang (materials), mesin (machines), metode (methods), uang (money) dan pasar (market).[8]

Sedangkan bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan bimbingan dan konseling terhadap seseorang dan kelompok dalam rangka memudahkan pengembangan pribadi melalui layanan pemecahan masalah yang dilakukan oleh para ahli sehingga mencapai kebahagiaan hidup. Proses bimbingan dan konseling menjadi bagian dari layanan pendidikan secara komprehensif dalam rangka menjamin bahwa setiap individu mampu mencapai perkembangan yang optimal.[9]

 

TEMUAN UMUM

MAN I Medan yang memiliki Motto

  1. Menebar kebaikan dan Pewaris Kebajikan.
  2. Berjuang Menebar Kejujuran Niscaya akan Menuai Kemakmuran.

Memiliki Visi dan Misi sebagai berikut:

  1. Visi

NAMA/NIP

KETERANGAN

 

MAISAROH, S.Pd, M.Si

PNS

NIP.19620804 199103 2 002

2

KTU

   

DRA.HJ.DEWI APRIYANTI, M.Pd

PNS

NIP.19670404 199203 2 003

4

WKM.KESISWAAN

   

KURNIA SENJA BAHAGIA,S.Ag,M.Sc

PNS

NIP.19700828 199703 1 005

6

WKM.HUMAS

   

ROSMAIDA SIREGAR, S.Pd

PNS

NIP.19720915 200312 2 002

8

WKM. LITBANG

   

RAHMAD JAMIL, S.Ag, M.Pd

PNS

NIP.197402282007011017

10

KETUA UPT UKS

   

DRS.SAMSUL BAHRI NST, M.Pd

PNS

NIP.19640825 199203 1 001

12

KEPALA LAB. KIMIA

   

NURHANI HARAHAP, S.Pd

PNS

NIP.19620414 198703 2 005

14

KEPALA LAB. STAF LITBANG

   

DRA. AMINAH, S.Pd

PNS

NIP.19651209 199503 2 001

16

KEPALA LAB. BAHASA

   

LATIFA HANUM, S.Pd.I

PNS

NIP.19680112 198903 2 003

18

PENANGGUNGJAWAB LINGKUNGAN

   

DRA.Hj. YUSNAH

PNS

NIP.19610803 199703 2 002

20

GURU

   

Drs. ADIL, M.Si

PNS

NIP.19680719 199403 1 005

22

GURU

   

DRS.SUNARIYADI

GTT

HONORER

24

Guru

   

KHAIRUNNISA Br MANIK, S.Ag

PNS

NIP.19701211 198603 2 027

26

Guru

   

DRA. ERNITA SIREGAR

PNS

NIP.19670909 199503 2 002

28

Guru

   

AZWAN AQSHA, S.Ag

PNS

NIP.19690926 199903 1 003

30

Guru

   

HASMITA MAYA, M.Pd

PNS

NIP.19750502 200312 2 002

32

Guru

   

SRI WAHYUNI, S.Pd

GTT

HONORER

34

Guru

   

MUHAMMAD YAMIN, S.S.S.Pd

GTT

HONORER

36

Guru

   

NUR AZIZAH, S.Ag

PNS

NIP.19701104 199803 2 002

38

Guru

   

DRA.HJ.ZAIDAR FITRIANA, S.Pd

PNS

NIP.19651006 199303 2 010

40

Guru

   

HERAWATI DONGORAN,S.Ag, M.Pd

PNS

NIP.19720101 199703 2 005

42

Guru

   

DEWI ARISANTY

PNS

NIP.19650311 200312 1 001

44

Guru

   

VERA ANDRIYANI,S.Sos, M.Pd

PNS

NIP.19700211 200312 2 001

46

Guru

   

SITI SALMI, S.Pd, M.Hum

PNS

NIP.19790515 200501 2 006

48

Guru

   

DRA.MARWIYAH

PNS

NIP.19660617 200003 2 001

50

Guru

   

JULIANA, S.Pd, M.Pmat

PNS

NIP.19780716 199803 2 004

52

Guru

   

NURKHODRAH, S.Pd

PNS

NIP.19660501 199203 2 001

54

Guru

   

DRS.MUSTAFA MATONDANG

PNS

NIP.19621103 199903 1 001

56

Guru

   

HERRY AFANDI S.Si, M.Pd

PNS

NIP.19740316 200604 1 005

58

Guru

   

SELVI SEPTIYA NINGSIH, S.Pd

GTT

HONORER

60

Guru

   

SURYANI, S.Pd

PNS

NIP.19731124 199903 2 001

62

Guru

   

SITI AISYAH HARAHAP, S.Pd

GTT

HONORER

64

GURU

   

DEWI ZAKIAH, S.Pd

PNS

NIP.19770929 199803 2 001

66

GURU

   

KHAIRATUL FUADY NR, S.Psi

PNS

NIP.19800211 200901 2 008

68

GURU

   

RATNA, S.Pd.I

GTT

HONORER

70

GURU

   

NURAINUN DAMANIK, S.Pd.I

PNS

NIP.19711009 201411 2 002

72

GURU

   

HARNA WINANDA, S.Pd

GTT

HONORER

74

GURU

   

JUAINI BAHRI, MA

GTT

HONORER

76

GURU

   

DRS.HUMALA HRP, S.Ag

GTT

HONORER

78

GURU

   

H. HAMDAN NUR, Lc, MA

GTT

HONORER

80

GURU

   

M.YAKUB, BA

GTT

HONORER

82

GURU

   

HUMALA SAKTI HRP, S.Sn

GTT

HONORER

84

GURU

   

MUHAMMAD RAZALI, S.Pd

GTT

HONORER

86

GURU

   

NUR AISYAH SIREGAR, S.Pd

GTT

HONORER

88

GURU

   

DRS. LAHAMAN HASIBUAN

GTT

HONORER

90

GURU

   

KRIS MILIHARTI, S.S.M.S

GTT

HONORER

92

GURU

   

LOLO RIZKI ELVANISA

GTT

HONORER

94

GURU

   

KHAIRUNNISA

GTT

HONORER

96

GURU

   

JUNI HERAWATI TANJUNG

GTT

HONORER

98

GURU

   

HALIMAH

GTT

HONORER

100

 

   

ARSYAD SOPIAN, SH

GTT

HONORER

102

GURU

   

ELLY SUNIATY HARAHAP, S.Ag

PNS

NIP.19780814 200710 2 002

104

GURU

   

DRA.PUSPA ELIDAR, M.Si

PNS

NIP.19660115 199403 2 003

106

BEND RUTIN

   

MASNIARI RITONGA,S.Pd

PNS

NIP.19670114 198903 2 001

108

STAF BAGIAN SURAT MASUK/KELUAR

   

TIOLOM HARAHAP.Sag

PNS

NIP.19691216 199102 2 001

110

STAF OPERATOR

   

MHD.ALI HANAFIAH SRG

PNS

NIP.19841103 201411 1 002

112

STAF OPERATOR KEUANGAN

   

KIKI WAHYUDI

PNS

HONORER

114

PENJAGA MALAM

   

MHD YUSUF LUBIS

PTT

HONORER

116

SCURITY

   

ROSMAULINA HARAHAP

PTT

HONORER

118

PETUGAS KEBERSIHAN

   

UMAR HABIBI DAULAY

PTT

HONORER

120

STAF OPERATOR

   

MAISYARAH, S.Pd.I

PTT

HONORER

122

STAF OPERATOR

   

WIKI SELVIKA DEWI,Amd

PTT

HONORER

124

PETUGAS KEBERSIHAN

   

KADIRUN

PTT

HONORER

126

PEMBANTU BEND. KOMITE

   

IMAM ASYARI, SE

PTT

HONORER

128

SECURITY

   

MUTYA SIREGAR, ST

PTT

HONORER

130

STAF PERPUSTAKAAN

   

AHMAD SYARIF SYAHPUTRA, ST

PTT

HONORER

132

STAF UKS

   

MUHAMMAD AQIL AZIZI HRP

PTT

HONORER

134

STAF UKS

   

MULYONO

PTT

HONORER

136

PIKET

 

 

 

Dari sejumlah guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, yang berstatus guru  PNS 63,86 % ( 62 orang),dan selebihnya guru tidak tetap/honorer 42,23 % ( 41 orang). 

 

 

REKAPITULASI DATA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI1 MEDAN TP.2018/2019 BERDASARKAN STATUS KEPEGAWAIAN

 

 

NO

 

 

STATUS

GTT

1.

4

4

Akidah Akhlak

-

3.

3

3

SKI

-

5.

-

-

Ilmu Hadist

-

7.

1

1

Bahasa Indnesia

-

9.

7

7

Bahasa Jerman

1

11.

-

1

Bahasa Arab

-

13.

2

3

Matematika

-

15.

4

4

Biologi

-

17.

3

3

Sejarah

1

19.

1

2

Ekonomi

1

21.

3

3

Penjaskes

1

23.

-

2

Antropologi

1

25.

1

2

BK

2

PENDIDIKAN TERAKHIR

JUMLAH

PNS

PTT

1

-

2

2

-

 

3

50

 

4

10

 

5

 

 

JUMLAH

24

 

 

 

Pimpinan Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan yang pernah bertugas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan sejak awal  berdirinya sampai dengan sekarang  adalah sebagai berikut :

 

No

 

 

PERIODE TUGAS

Drs.H.Mukhtar Gaffar

2.

1984 s/d 1987

Drs.H.Musa HD

4.

1993 s/d 1996

Drs.H.Miskun

6.

2000 s/d 2007

Dr.H.Burhanuddin,M.Pd

8.

2014 s/d 2017

Maisaroh, S.Pd, M.Si

JUMLAH

L

X MIA 1

29

X MIA 2

23

X MIA 3

25

X MIA 4

24

X MIA 5

26

X MIA 6

24

X MIA 7

25

X MIA 8

25

X MIA 9

22

X MIA 10

24

X MIA 11

16

X MIA 12

17

JUMLAH

280

X IIS 1

25

X IIS 2

26

X IIS 3

28

X IIS 4

12

JUMLAH

91

X IIK 1

22

X IIK 2

24

X IIK 3

21

JUMLAH

67

X IBB

24

JUMLAH KESELURUHAN KELAS X

KELAS 11

JUMLAH

P

18

50

17

49

18

48

18

48

21

47

19

49

16

45

19

40

146

376

15

35

18

36

13

27

12

27

58

125

18

34

12

27

30

61

562

JUMLAH

L

XII MIA 1

32

XII MIA 2

28

XII MIA 3

31

XII MIA 4

27

XII MIA 5

34

XII MIA 6

22

XII MIA 7

23

XII MIA 8

26

JUMLAH

223

XII IIS 1

26

XII IIS 2

22

XII IIS 3

22

JUMLAH

70

XII IIK

28

JUMLAH KELAS XII

JUMLAH KESELURUHAN SISWA

Rombel

KELAS X Matematika & Ilmu Alam (MIA)

20 ROMBEL

 4  Kelas Rombel

3  Kelas Rombel

 1  kelas Rombel