Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Sumatera Utara Medan, Fahrurrozi S, M.Pd., mendapat kehormatan untuk menjadi Guest Lecture di Jamiah Islam Syeikh Daud Al-Fathani (JISDA), Thailand, pada 06 Agustus 2024. Kegiatan akademik ini merupakan salah satu bentuk penguatan kerja sama internasional dalam bidang pendidikan dan pengembangan studi Bahasa Arab.
Dalam kuliah tamu tersebut, Sekretaris Prodi PBA membawakan materi dengan tema “Inovasi Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital” yang diikuti oleh mahasiswa serta dosen di lingkungan JISDA. Kehadiran beliau mendapat sambutan hangat, karena dinilai memberikan wawasan baru sekaligus memperkuat keterhubungan akademik antara Indonesia dan Thailand.
Sekretaris Prodi PBA menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi pengalaman berharga. “Menjadi Guest Lecture di JISDA adalah kesempatan yang sangat berharga untuk berbagi ilmu, berdiskusi, dan memperluas jejaring akademik. Kami berharap kegiatan ini dapat memperkuat hubungan kelembagaan antara Prodi PBA UINSU Medan dengan JISDA, serta memberikan manfaat nyata bagi pengembangan pendidikan Bahasa Arab,” ujarnya.
Perwakilan dari JISDA, turut menyampaikan apresiasinya. “Kami sangat menghargai kontribusi akademik dari Prodi PBA UINSU Medan. Kehadiran Sekretaris Prodi sebagai Guest Lecture tidak hanya menambah wawasan mahasiswa, tetapi juga mempererat hubungan akademik dan budaya antara Thailand dan Indonesia,” ungkapnya.
Salah satu mahasiswa JISDA yang mengikuti kuliah tamu juga menyampaikan kesannya. “Materi yang disampaikan sangat menarik dan relevan dengan kebutuhan kami sebagai mahasiswa. Kami merasa mendapatkan wawasan baru tentang strategi pembelajaran Bahasa Arab yang inovatif, sekaligus semakin termotivasi untuk meningkatkan kemampuan akademik kami,” tutur salah seorang mahasiswa di JISDA.
Melalui kegiatan Guest Lecture ini, Prodi PBA berharap dapat semakin memperkuat reputasi akademik di tingkat internasional, sekaligus membuka peluang kerja sama dalam bidang penelitian, pertukaran mahasiswa, dan pengembangan kurikulum berbasis internasional.